2019-03-16 02:52:10

Insting, Sang Mediator Handal

Insting. Artikel.

Diluar dugaan, Aurelia (7 Tahun) anak bungsu kami menyelesaikan sendiri perseteruan yang terjadi antara dirinya dengan teman sekelas nya. Padahal sebelum itu wali kelasnya sudah berupaya mempertemuan mereka. Namun hal itu tidak membawa perubahan sama sekali.

Beberapa hari kemudian ternyata Aurel mengajak teman nya ini bicara baik-baik, menanyakan sikap teman nya terhadap dirinya dan menjelaskan apa yang Aurel rasa.

Aurel bermesin kecerdasan Insting ini menunjukkan ke-Inting-an nya. Ia sudah bisa menjadi mediator – penengah persoalan – yang terjadi ditengah kehidupan nya. Insting piawai menjadi mediator persoalan yang rumit.

Dari bayi memang sudah terlihat kemistri nya pada rasa bahagia. Respon nya sangat sensitif terhadap banyak hal dianggap nya lucu, dia mudah sekali untuk tertawa. Keberperannya dianggap nya penting sekali, sehingga selalu ingin dilibatkan pada setiap aktivitas.

Mesin kecerdasan Insting yang berarti merujuk pada naluri sebagai indra ketujuh, yang dilengkapi dengan kemampuan serba bisa. Kecerdasan tersebut dikemudikan secara otomatis sehingga membuatnya responsif, mudah beradaptasi, dan memiliki banyak teman.

Mudah beradaptasi ini pada segal hal, termasuk pada lingkungan yang mempengaruhi nya secara fisik. Aurel lebih sabar ketika dia menghadapi suasana panas ataupun dingin secara ekstrim. Berbeda dengan kakaknya yang bermesin kecerdasan Feeling. Lebih banyak merespon hal-hal yang dia rasakan secara fisik.

Insting sistem operasi otaknya di belahan otak tengah atau dalam bahasa latin nya mesencephalon atau midbrain adalah bagian terkecil dari otak yang berfungsi sebagai stasiun relai untuk informasi pendengaran dan penglihatan.

Otak tengah ini pula yang menjadi penghubung antara otak kiri dan otak kanan. Yang menghubungkan antara kreatifitas dan tata laksana dari ide-ide brilian manusia untuk diwujudkan secara detail nya. Ini pula yang membuat manusia bisa melakukan banyak hal secara bersamaan atau biasa yang kita sebut sebagai multi-talent.

Ada perbedaan ukuran otak tengah pria dan wanita, dimana otak tengah pria lebih kecil dibanding otak tengah wanita. Inilah juga yang menyebabkan wanita lebih multitalent dibanding pria. Fokus pada satu pekerjaan menjadi ciri utama pria.

Jenis kecerdasan yang dimiliki Insting adalah Attruist Quotient. Attruisme adalah lebih mementingkan kebagaiaan orang lain tanpa memperhatikan diri sendiri. Memiliki nilai pengorbannya sangat tinggi. Dibanyak kasus yang saya temui, lelaki dewasa seorang Insting biasanya “tidak memiliki tabungan”. Tabiatnya terhadap uang adalah “penolong”. Kekayaan tidak menjadi fokus dirinya. Dia akan lebih banyak “mengorbankan dirinya” untuk kebahagiaan orang lain.

Personaliti tetap yang dapat di riset secara psikometrik dari Insting adalah berprilaku seimbang dan tidak menyukai titik esktrim. Cenderung menghindari konfilk karena menginginkan ketenangan.

Terlihat sibuk karena ingin dilihat sebagai orang yang memiliki banyak kontribusi. Inilah yang membuat dia bahagia. Silaturahmi sebagai senjata ampuh dalam meningkatkan mood dirinya.

Miss Hiday direktur dari STIFIn Institute dalam bukunya I Know You menjelaskan banyak hal menganai cara berkomunikasi dengan berbagai mesin kecerdasan termasuk Insting. Cara komunikasi yang efektif kepada orang Insting adalah Bicara to the point dengan lembut.

Insting memiliki respon spontan. Dengan demikian agar komunikasi nya lebiih efektif, sebaiknya kita berbicara langsung to the point saja. Satu kata kunci yang perlu dilakukan adalah melakukannya dengan lembut, agar tidak menyentuh sisi reptilian brain nya (amarah nya)

Tipe Insting adalah tipe yang simple dan sederhana. Cara berpikirnya tidak serumit Thinking atau Intuiting. Cara sosialisasi nya tidak sekompleks Feeling dan Sensing. Segalanya menjadi sederhana ketika berhadapan dengan Insting.

Baiknya menggunakan kalimat yang lugas. Kalimat yang mengandung banyak arti atau kata bersayap akan menjadi beban baginya. Gunakan sedikit kalimat, tanggapi persis sesuai dengan keinginan nya. Insting bertanya “harga maka jawab harga”.

Nama Aurelia yang memiliki arti “bahagia” adalah doa agar menjadi kebahagiaan bagi kami dan bagi orang-orang yang berada disekitarnya, dan diluar dugaan saya ia memiliki mesin kecerdasan Insting yang berkemistri pada “rasa bahagia”.

Irsan Husain

STIFIn Licence

Related Articles

Artikel

STIFIn Solusinya


Artikel

Mengenali Minat dan Bakat Anak


Insting

Insting, Sang Mediator Handal


Event

---COMING SOON---