2019-02-20 08:17:26

Teori Sirkulasi dan Maqom

Artikel.

Menyimak acara TV tentang Debat Capres 2019 Kedua (bagi yg belum sempat menyimak dapat melihat tayangan sepenuhnya pada dokumentasi youtube di https://www.youtube.com/watch?v=siW95KDrqTk&t=129s ), ada 2 ilmu yg saya asah lagi malam itu. Pertama, #STIFIn : Leadership, chemistry, dan teori sirkulasi. Dua : #microexpression, evaluating truthfullness and credibility, yaitu semacam teknik untuk mendeteksi kebohongan, namun untuk ilmu yg ke-2 ini barangkali saya bahas pada kesempatan berbeda karena ranahnya bukan keilmuan STIFIn meskipun sama-sama membahas perilaku kerja otak. Kita fokus ke konsep STIFIn.

... Beberapa tokoh politik telah di judging oleh sang Penemu STIFIn (Bp Farid Poniman) sebagai bahan kajian, seperti Soekarno, Habibie dan Sandiaga Uno yg bertipe Feeling introvert, Soeharto dan Jusuf Kalla yg Insting, dan lain-lain. Dalam kajian yg membahas debat capres, jelas menampilkan 2 tipe MK milik masing-masing paslon, yaitu Thinking dan Intuiting. Namun demikian mana paslon yg di judging memiliki MK tertentu rasanya tidak perlu saya kemukakan disini demi menghindari aspek subyektifitas politisnya. Saya berusaha obyektif berdasarkan konsep STIFIn-nya shg apabila pembaca penasaran ttg MK paslon, barangkali bisa meraba sendiri atau bertanya pada yang telah mendapat info hasil judging dari sang Penemu STIFIn.

... Dalam frame STIFIn: "Thinking menaklukkan Intuiting" Benarkah? Tipikal orang bermesin kecerdasan #Thinking, si "Raja Tega" yg chemistry-nya pada tahTA. Ia kritis dan haus data shg harus disupport dg data yg VALID dan UPDATED agar argumentasinya efektif. Jika tidak, bahaya. Keunggulannya dalam hal proses analisis tidak optimal, karena garbage in - garbage out. Logikanya jadi mentah. Gaya komunikasi Thinking yg suka "menunjuk" ketidakberesan justru akan memperparah kondisi tsb karena otomatis ada tiga jari lain yg mengarah ke dirinya sendiri. Jadi, penting sekali bagi mereka yg Thinking utk memastikan pasokan data yg diterimanya sudah terfilter: valid dan updated. Style orang bermesin kecerdasan #Intuiting, si "Pemimpi" yg chemistry-nya pada kaTA. Ia hanya melihat gambaran besar yg jauh ke masa depan kadang terlalu OPTIMIS dan kerap tak pedulikan detil teknis (rabun dekat) yg mungkin diperlukan untuk mewujudkan mimpinya. Ia anti-mainstream. Hal ini barangkali yg membuatnya kerap di khianati justru oleh orang yg berada dekat di sekelilingnya. Gaya komunikasi Intuiting yg fiksi dan metafora, tidak tembak langsung, menampilkan kesan banyak "mengalah" dan kurang greget. Jadi, perlu bagi mereka yg Intuiting utk memiliki tangan kanan setia yg mampu menjembatani dan membantu merealisasikan mimpinya.

 

Dalam teori sirkulasi STIFIn, Thinking menaklukkan Intuiting. Ya, benar terbukti dalam acara debat capres malam itu yg menggambarkan nuansa tsb. Thinking mendominasi dan menunjuk. Intuiting tidak melawan, tapi mencari "jalan lain". Tapi bagi para pegiat STIFIn yg sudah lulus WSL1 tentunya paham adanya perbedaan #maqom. Thinking yg tidak disupport data valid dan updated menempatkan dirinya pada maqom yg rendah, terlebih jika hasil analisis yg diucapkannya tidak sesuai fakta. Bunuh diri. Sementara Intuiting yg menempatkan dirinya pada maqom yg lebih tinggi, bagaikan Taichi master yg secara kreatif membelokkan arah serangan lawan (tidak menangkis) justru menyambut, menyerap energinya dan memantulkan kembali pada pengirim serangan. Klimaksnya, diakhir pertarungan, jurus pamungkasnya tercipta justru dari energi serangan lawan yg ambisius.

... Jadi, naik maqom adalah solusi atas ketertaklukkan dalam teori sirkulasi. Kita tidak perlu mengubah genetika jati diri kita untuk mengatasi orang lain yg MK-nya menaklukkan kita. Syukuri dan asahlah keunggulan MK anda sebagai cara untuk dapat melangkah naik ke maqom yg lebih tinggi. secara berjenjang mulai dari personality ke mentality, lalu ke sociality dan akhirnya ke spirituality.

... Coach Anton, 18 Pebruari 2019

Related Articles

Artikel

STIFIn Solusinya


Artikel

Mengenali Minat dan Bakat Anak


Insting

Insting, Sang Mediator Handal


Event

---COMING SOON---