Category: Artikel

Sejarah Perkembangan Konsep STIFIn : SIMPLE-AKURAT-APLIKATIF

Sejarah perjalanan konsep STIFIn dimulai tahun 1999 ketika Farid Poniman bersama partnernya, Indrawan Nugroho, yang kemudian diikuti oleh Jamil Azzaini mendirikan lembaga training Kubik Leadership. Lembaga training tersebut setiap memulai program trainingnya terlebih dahulu memetakan peserta training sesuai dengan jenis kecerdasannya. Sebagai konsep, STIFIn kala itu bisa dibilang masih embrio. Perbaikan konsep dilakukan di sana-sini […]

Read More

Mengenal Karakter Mesin Kecerdasan (MK)

Setelah mengetahui letak masing-masing mesin kecerdasan (MK), kini giliran kita akan melihat karakter dari masing-masing MK tersebut. [Perlu diingat jika berbicara jenis kecerdasan, satuannya intel- ligences, jadi lengkapnya menjadi Sensing Intelligences, Thinking Intelligences dan seterusnya. Akan halnya satuan Personaliti Genetik (PG) adalah quotients Sensing memiliki kecerdasan inderawi, Thinking memiliki kecerdasan berpikir, Intuition memiliki kecerdasan indera […]

Read More

Saya tidak butuh pujian, tapi penghargaan

Tidak selamanya pujian itu memotivasi, jangan sampai salah memuji anak!. Atau sebaliknya, Anak yang seharusnya di puji-puji eh malah malah di tantang. Khusus untuk anak Thinking introvert, untuk meningkatkan motivasi belajarnya ternyata harus diberi recognize (penghargaan) dari orang yang dihormatinya. Haikal yang merupakan orang Thinking introvert ternyata tidak mempan dipuji. Jelas dipuji bagi dia itu […]

Read More

Bacaan Serius : Beli satu harus dua

Punya dua orang Sensing di rumah ternyata harus ekstra budget juga ternyata. Istri dan Anakku Dewi bermesin kecerdasan sama yaitu sensing extrovert. Orangnya suka sekali mencontek atau meniru sesuatu yang menyenangkan panca indranya. Diawal-awal saya menerapkan STIFIn untuk pola asuh keluarga, saya cukup kewalahan karena budget untuk dua orang sensing membengkak. Contoh kecil saja dalam […]

Read More

Kenapa harus mengenal diri?

Man arofa nafsahu faqod arofa robbah. Siapa yg mengenal dirinya maka ia mengenal Tuhanmya. Hadits atau kata bijak seorang sufi itu adalah menyarankan kita utk terlebih mengenal diri. Konsep mengenal diri disini berarti mengenal baik apa yg menjadi kekuatan kita, kehebatan kita. Sekaligus satu paket dgn mengenal kelemahannya sebagai bukti syukur akan pemberianNya, Tentu kita sadar bahwa […]

Read More

Preview buku “Ini Cara gue Banget – Anakku senang, Aku Pun Nyaman”

Artikel ini adalah preview tentang buku yang akan di launching di bulan Desember 2013. Pengennya sih launching tanggal 11-12-13, jika tidak aral melintang, Insya Allah. Buku ini adalah suatu dedikasi dari kami agar keluarga Indonesia bisa memaksimalkan kekuatan dari masing-masing pribadinya. Bisa orang tua, Anak, Pelajar, Mahasiswa atau siapapun yang mempunya dedikasi yang tinggi terhadap […]

Read More

Menjadi SuperMOM

Duh, ko aku mengantuk sekali yah? Padahal belum juga sampai waktu istirahat siang. Kemarin aku juga kesulitan mnghilangkan rasa kantu yang luar biasa seperti ini. Padahal biasanya cukup dengan tidur-tiduran di meja selama setengah jam, lalu diikuti makan siang dan sholat, maka aku akan segar kembali. Tapi beberapa hari terakhir ini rasa kantuk ini tidak […]

Read More

Tahun Ajaran Baru: Ajang Penyesuaian Diri Bagi Anak dan Orang Tua

Berbagai pusat keramaian dan tempat-tempat rekreasi belakangan ini dipadati para orang tua dan anak sekolah yang sedang menikmati liburan. Ada kelegaan dan keceriaan menghiasi wajah anak-anak sekolah tersebut setelah ulangan dan ujian akhir usai. Mereka layak untuk menikmati liburan ini dan besar harapan dari para orang tua agar anak sekolah mendapatkan pengalaman yang unik dan […]

Read More

Ayo Sekolah di Sekolah yang Tepat !

Tanpa terasa sebentar lagi kita akan memasuki pertengahan tahun 2013. Bagi kebanyakan orang tua yang memiliki anak usia sekolah, pertengahan tahun merupakan masa yang cukup merepotkan karena di bulan Juni-Juli orang tua harus mengerahkan biaya dan perhatian untuk urusan sekolah. Mulai dari menyisihkan dana untuk biaya baju seragam, buku-buku, uang pangkal masuk sekolah baru, hingga […]

Read More

AKU Remaja Masa Kini

Ujian nasional baru saja selesai dilaksanakan. Keluh kesah, jeritan-jeritan kecil mengenai sulitnya soal ujian nasional selalu terdengar setiap kali siswa-siswa kelas 3 SMP maupun SMA keluar ruang ujian. “Padahal udah tiga kali gue ikutan try-out di bimbel loh!”“Gue pasrah aja deh ngikutin bocoran yang dikirim sms semalem”  Komentar-komentar seperti ini rasanya tidak asing lagi. Memang […]

Read More