Cara belajar yang “Gue Banget” – Sense of Growth (part #2)

Pada bagian 1, telah diceritakan tentang tokoh Po dalam film animasi “Kungfu Panda“. Kehebatannya bisa muncul setelah diketahui cara belajarnya dan ditempa secara fun oleh master Shifu.

Nah, pertanyaanya, bisakah kita kita belajar seperti itu? jawabannya adalah BISA!, sangat BISA, dan bahkan lebih FUN dan ujung-ujungnya prestasi meningkat. Lalu Bagaimana Caranya? OK, kita bahas satu persatu ya.

TANTANGAN PEMBELAJARAN

Belajar itu penting dan bermanfaat? Yes, Sangat bahkan sangat penting. Tapi kenyataannya kenapa begitu banyak tantangan dan hambatan yang kita temukan dalam belajar? Bahkan sampai kita punya pendapat bahwa belajar itu adalah suatu kegiatan yang susah dan tidak menyenangkan.

Oopss, Jika belajar sudah menjadi sesuatu yang mengerikan, atau susah, lalu apa yang terjadi kemudian?

Hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli berkesimpulan yang sangat menarik. Ternyata kita memandang belajar itu sulit, maka kita akan merasa segan dan terbebani untuk mempelajarinya.

Coba kita lihat ilustrasi di samping ini. Ketika belajar menjadi sesuatu yang susah, maka kemungkinan yang terjadi selanjutnya adalah kita tidak akan suka belakar. Dan kalau sudah tidak suka, basanya akan membuat kita malas. Nah jika sudah malas hampis sudah dipastikan hasilnya akan jelek, dan jika nilainya sudah jelek kita akan tertinggal. Kalau sudah tertinggal, tentu kita akan semakin sulit belajar.

Kalau sudah begini, apa yang harus kita lakukan?

Jika kita lihat siklus diatas, semua itu bisa kita hindari dengan mengubah satu hal yang kemudian bisa berpengaruh ke tahap-tahap selanjutnya. Apa itu? ya seandainya, ya seandainya – dipertegas – kita bisa mengubah belajar yang susah itu menjadi mudah, maka selanjutnya yang tercipta adalah siklus baru yang akan meningkatkan prestasimu belajar. lihat ilustrasi di bawah ini.

Silahkan amati dan ceritakan kembali siklus yang baru ini seperti di atas, agar lebih JLEB.

Udah lebih jelas? ok. Pertanyaan besarnya adalah, “Bagaimana supaya belajar yang tadinya susah berubah menjadi mudah?”

Jawabannya adalah, dengan mengaplikasikan sebuah konsep yang bernama “STIFIn Learning”!

“STIFIn Learning.adalah sebuah konsep belajar yang bertujuan menjadikan aktivitas belajar menjadi lebih mudah dan nyaman sekaligus memberikan hasil belajar yang lebih maksimal sesuai bakat alami Anda. “

STIFIn Learning mempunya tahapan-tahapan yan tersrtuktur dan teruji, berikut adalah tahapan dalam STIFIn Learning :

  1. Tahap 1  : PERSIAPAN
  2. Tahap 2 : PELAKSANAAN
  3. Tahap 3 : EVALUASI

 Ready?

Ok Sebelumnya kita review dulu ya, Apa itu Bakat Alami. Belajar yang mudah itu adalah Belajar yang sesuai  Bakat Alami!!!

Kita tau bahwa sesungguhnya setiap orang itu ketika dilahirkan kedunia telah diberikan oleh Allah SWT serangkaian kekuatan, keistimewaan dan kekhasan. Kekhasan inilah inilah yang seandainya semua orang mengetahui dan mengoptimalkannya, maka hidupnya akan berpeluang lebih besar untuk menjadi lebih mudah, lebih enjoy, dan pasti lebih berhasil!.

“Lalu apa yang dimaksud dengan kekhasan setiap orang?” Yang dimaksud dengan kekhasan setiap orang adalah bakat alami berupa mesin kecerdasan dan kepribadian yang akan terus ada sejak kita dilahirkan dan melekat hingga nanti kita meninggal..

APA BAKAT ALAMI KAMU?

1. Bakat alami kamu   : Mesin Kecerdasan

Yang dimaksud dengan mesin adalah Mesin Kecerdasan (MK) yang berupa salah satu fungsi dominan belahan otak manusia. Ada yang dominan pada kiri bawah atau limbik kanan yaitu orang Sensing (S), ada yang dominan pada otak kiri Thinking (T), ada yang dominan pada otak kanan Intuiting (I), ada yang dominan pada otak kanan bawah  atau limbik kanan yaitu Feeling (F), serta dominan pada otak tengahnya, yang kita sebut dengan mesin kecerdasan Instinct (In), disingkat STIFIn. 

2. Bakat alami kamu : Kepribadian 

Introvert (i) dan extrovert (e) – ingat yah i dan e kecil – ibaratnya kemudi (drive), sedangkan jenis kendaraanya adalah Mesin Kecerdasan. Ketika kemudi membawa mesin kecerdasan ke dalam, maka jadilah kita seorang yang introvert. Ketika kemudi membawa mesin kecerdasanmu ke luar, maka jadilah kamu seorang yang Introvert.

Ke-empat mesin kecerdasan (S, T, I, F) memiliki kemudi introvert dan extrovert,s edangkan pada In tidak memiliki kemudi. Maka total  ada sembilan jenis kepribadian yaitu Si, Se, Ti, Te, Ii, Ie, Fi, Fe, dan In.

Pada artikel terdahulu sudah dibahas tentang masing-masing kekuatannya. Silahkan explore lagi di www.StifinBanten.com 

Selanjutnya adalah akan kita bahas pada bagian ke-3  Cara belajar yang “Gue Banget” – Sense of Growth (part #3). 

(Ingin Ngobrol? follow @beni_be)