Cara belajar yang “Gue Banget” – Sense of Growth (part #1)

Artikel kali ini, saya akan berbagi tentang Cara belajar yang “Gue Banget“. Pada Bagian satu, akan dibahas tentang Sense of Growth (part #1)

Pernah lihat sebuah film animasi “Kungfu Panda“? coba kita ingat kembali inti dari film Kungfu Panda. PO seorang panda jenaka yang sangat tergila-gila dengan seni bela diri Kungfu. Singkat cerita bahwa keadaan Perguruan Kungfu dalam keadaan genting karena bekas muridnya yang bernama Tai Lung berhasil bebas dari penjara untuk merebut kembali sebuah gulungan kitab yang ingin dia kuasai.

Begitu mengetahui hal itu, Master Oogway – Maha Guru Perguruan Kungfu – memutuskan untuk segera menemukan sang Pendekar Naga yang legendaris. Hanya dia saja yang mempu mengalahkan kekuatan kungfu Tai Lung. Kelima Pendekar sudah sangat yakin, bahwa salah seorang diantara merekalah yang ditakdirkan menjadi Pendekar Naga. Tapi mereka salah, karena takdir menunjukkan kalau Po lah Pendekar Naga sebenarnya.

Semua orang tidak percaya, apalagi Guru Shifu. Dia menganggap Po adalah panda gendut dan bodoh yang seumur hidupnya tidak pernah belajar kungfu. Dia menganggap kalau pilihan Oogway sudah salah dan berniat menyingkirkan Po secepatnya. Dia tidak ingin menggantungkan harapan pada seekor panda yang bodoh seperti Po.

Shifu memutuskan untuk menuruti nasihan Oogway. Ia pun menerima keberadaan Po sebagai seorang Pendekar Naga dan mulai melatihnya. Membantu Po menghilangkan ketakutan dan rasa tidak percaya dirinya. Dan yang paling terutama, ia sudah menemukan cara paling ampuh untuk mendapatkan perhatian Po. Makanan. Dengan iming-iming makanan, Po berhasil berlatih kungfu dengan cepat.

Diakhir cerita, Po berhasil mengalahkan Tai Lung dengan kekuatan utamanya, yaitu Perut gendutnya.

Dari Ilustrasi diatas kita bisa ambil pelajaran, bahwa tidak semua orang bisa diperlakukan sama dalam hal proses belajar-mengajar.  Seorang guru harus bisa menemukan formula khusu untuk menggembleng seorang anak didik yang sesuai dengan kekuatan utamanya. Kekuatan tersebut akan muncul jika guru tahu bagaimana untuk menstimulasi agar kekuatan utama tersebut muncul.

Po si Panda gendut muncul gairah belajarnya dengan kata kunci “Makanan”, dengan diiming-imingi makanan maka motivasi belajarnya pun keluar dan bisa dioptimalkan.

Proses Belajar yang dalam bahasa kami  Sense of Growth – Semangat atau rasa untuk tumbuh.

STIFIn Learning.adalah sebuah konsep belajar yang bertujuan menjadikan aktivitas belajar menjadi lebih mudah dan nyaman sekaligus memberikan hasil belajar yang lebih maksimal sesuai bakat alami Anda.

Bicara tentang belajar sama halnya bicara mengenai sajauhmana kehendak diri kita untuk terus menerus bertumbuh menjadi sosok yang lebih baik. Karena seberapa besar potensi yang ada di diri kita, sesungguhnya akan menjadi lebih besar dengan kita belajar. Pun seberapa besar keterbatasan kita, kita akan menghadapi dan mengatasinya, bahkan mengubahnya menjadi keunggulan juga dengan cara belajar.

Artinya, jika ingin terus bertumbuh, maka janganlah kita berhenti untuk belajar. Ya, pertama dan utama, ketika kita memilih untuk belajar atau tidak belajar, maka manfaat dan dampaknya akan kembali kepada kita, bukan orang lain. Barulah kemudian, pada level tertentu belajar atau tidaknya kita kemudian akan turut memberi manfaat atau dampak untuk kehidupan sekitar kita.

Mau tau Part#2 ?
Silahkan klick disini  Cara belajar yang “Gue Banget” – Sense of Growth (part #2)

 (Ingin Ngobrol? follow @beni_be)