10 Kunci SENSING

By Indrawan Nugroho

Kenal sama orang yang sering bawel dgn urusan2 kecil? Kenal sama orang yang maunya selalu teratur dan rapi? Kenal sama orang yang selalu menuntut kepastian? Mau tahu gimana cara ‘menaklukkan’nya?
Di artikel Saya  sebelumnya ‘BedaOrangBedaPerlakuan’, Saya sudah uraikan tentang ke-5 Mesin Kecerdasan (MK). Salah satu dari ke-5 itu: SENSING, THINKING, INTUITING, FEELING, atau INSTINCT merupakan MK dominan kita.
MK dominan kita ini mempengaruhi bagaimana kita menyikapi dan merespon hal-hal yang terjadi disekitar kita. Bagaimana kamu dan pasangan kamu ingin diperlakukan BERBEDA satu sama lain. Begitu juga antara kamu dan atasan.
Jadi kalau kamu mau hubungan yang harmonis maka perlakukanlah dia sesuai dengan Mesin Kecerdasannya. Kemudian kenalkan dia tentang MK kamu supaya dia juga belajar memperlakukanmu sesuai dengan MK mu.
Nah pada artikel kali ini ini saya uraikan 10 cara terbaik kamu dalam memperlakukan orang SENSING.  Siap ya?
  1. Orang SENSING menghargai kerapian dan detil, maka berpakaianlah dgn rapi, bersihkan meja kerja kamu, puji penampilannya.
  2. Orang SENSING ingatannya bagus dan suka bicara masa lalu, maka pancing dia untuk cerita pangalaman hidupnya.
  3. Orang SENSING perlu kejelasan. Buatlah aturan main yang jelas dan apa yang diharapkan darinya. Jangan suruh dia menebak.
  4. Orang SENSING menyukai hadiah yang konkrit. Dari pada susah bikin puisi cinta, ajak dia ke Mall suruh pilih kado sendiri.
  5. Orang SENSING suka urutan. Ketika bicara padanya pastikan berurtutan. Ketika memberinya tugas urutannya harus jelas.
  6. Orang SENSING gesit. Mobilitasnya tinggi. Maka kamu harus bisa ikuti kecepatan geraknya, jangan mudah loyo.
  7. Orang SENSING suka yang praktis. Jangan ngomong konsep atau ide-ide liar kamu. Tapi apa yang bisa langsung dijalankan.
  8. Orang SENSING short-sighted. Jangan ajak dia melihat apa yang akan terjadi di masa datang, cukup apa yang ada disekitarnya saja.
  9. Orang SENSING suka berpetualang. Sering-seringlah ajak dia pergi jalan-jalan hingga panca inderanya terpuaskan.
  10. Orang SENSING memerlukan kestabilan. Jangan lakukan perubahan apapun jika tidak perlu. Berikan ia kepastian.
Nah itulah 10 Kunci SENSING. Sebenarnya masih banyak lagi ciri-ciri berikut tipsnya, tapi untuk sekarang segini dulu ya. Jadi segera temukan apa Mesin Kecerdasan si DIA, jika ternyata SENSING, maka taklukkan DIA dengan 10 Kunci SENSING diatas.
LANGSUNG PRAKTEKKAN YA! Kalau ada yang mau tanya-tanya, silakan langsung tulis di box reply dibawah.